1.293 Mobil Mewah Belum Lunasi Pajak

1.293 Mobil Mewah Belum Lunasi Pajak

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengumumkan sebanyak 1.293 unit mobil mewah dengan harga jual di atas satu miliar rupiah belum menunaikan kewajibannya membayar pajak hingga akhir 2017. Dari 1.293 unit kendaraan mewah itu, sebanyak 744 unit merupakan mobil mewah atas nama pribadi dan 549 unit lainnya adalah mobil mewah atas nama badan.

“Kendaraan di atas satu miliar rupiah yang belum bayar pajak itu jumlahnya 744 mobil (atas nama pribadi). Untuk mobil mewah atas nama pribadi itu, nilai tunggakan pajak yang belum dibayarkan sebanyak 26,1 miliar rupiah,” ujar Anies didampingi Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD), Edi Sumantri, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (12/1).

Sementara itu, nilai tunggakan pajak untuk mobil mewah atas nama badan sebesar 18,8 miliar rupiah. Dengan demikian, total tunggakan pajak mobil mewah senilai 44,9 miliar rupiah. Mobil mewah yang pajaknya belum dibayarkan itu terdiri dari berbagai merek, seperti Lamborghini, Ferrari, Rolls Royce, Aston Martin, Mclaren, Bentley, Mercedes-Benz, BMW, Porsche, Audi, Maserati, Cadillac, dan Land Rover.

Anies meminta wajib pajak yang memiliki mobil-mobil mewah tersebut untuk segera melunasi tunggakan pajak kendaraan bermotor milik mereka. Dari 744 daftar mobil mewah yang menunggak, Anies menyebut mobil merek Lamborghini tipe Aventador LP720-4 AT memiliki nilai jual paling mahal, yaitu sebesar 9,6 miliar rupiah. Di urutan kedua, mobil merek Rolls Royce tipe Phantom seharga 6,9 miliar rupiah. Mobil merek Ferrari tipe 599 GTB Fiorano F1 juga menjadi salah satu kendaraan paling mahal dengan harga jual 6,6 miliar rupiah.

“Yang paling mahal itu harganya 9,6 miliar rupiah, itu Lamborghini (tipe) Aventador,” kata Anies. Adapun merek mobil mewah yang paling banyak menunggak adalah Mercedes Benz sebanyak 210 unit, Porsche 146 unit, Toyota 82 unit, Landrover 62 unit, BMW 61 unit, Lexus 39 unit, Ferrari 24 unit, Lamborghini 23 unit, Rolls Royce 14 unit, Hummer 12 unit, Jaguar 11 unit, Bentley 10 unit, Audi sembilan unit, Nissan sembilan unit, Cadillac delapan unit, Aston Martin tujuh unit, Maserati lima unit, Ford empat unit, sepeda motor Harley Davidson dua unit, Jeep dua unit, MAN satu unit, Morgan satu unit, Xuzhou satu unit, dan Zele satu unit.

Secara keseluruhan, total pajak mobil mewah pribadi yang belum daftar ulang sebesar 26,1 miliar rupiah. Menurut Anies, nilai tersebut tersebut merupakan sumber pembiayaan program-program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Anies mengaku miris melihat daftar kendaraan mewah di Jakarta, tetapi malah menunggak pajak. Padahal, ia meyakini orang yang memiliki kendaraan seharga enam miliar rupiah, bukan perkara sulit untuk membayar pajak.

Akan Dipajang

Rencananya, Anies Baswedan akan memajang daftar mobil mewah tersebut bersama dengan plat nomor polisinya. Ia berharap, melalui pengumuman tersebut, para wajib pajak segera menunaikan kewajibannya. “Mudah-mudahan dengan ini diumumkan, ada rasa tanggung jawab yang lebih besar bisa segera tuntas,” ujarnya.

Anies tak bisa mengungkap identitas pemilik mobil. Dia hanya menegaskan akan mengunggah data nomor polisi kendaraan mewah yang menunggak di website resmi Pemrpov DKI. “Ada aturannya itu (soal nama). Ada aturannya. Jadi, kita umumkan nomor polisinya, identitasnya. Kemudian kendaraannya. Nanti Anda cek aja siapa. Pasti juga gampang tahunya,” sebutnya.

Sumber : koran-jakarta.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: