Soal Pajak Tak Capai Target, Ini Kata Muliaman Hadad

Guru Besar Universitas Diponegoro, Muliaman Hadad menilai pemerintah harus menempuh segala upaya untuk mencapai target pajak. Tahun 2017, target pajak di Indonesia tidak tutup hanya mencapai angka Rp 1.151,5 triliun atau 89,4 persen dari target pajak.

“Banyak hal mempengaruhi pendapatan pajak. Terutama situasi ekonomi global yang mempengaruhi harga komoditi, dan ekspor andalan. Kalau situasi global sudah kondusif, didukung dengan inisiatif domestik terutama untuk mengintensifkan dan sosialisasikan kebijakan perpajakan, keinginan untuk mencapai target akan lebih bagus,” ungkap bekas Deputi Gubernur BI tersebut di Rektorat Undip, Jumat 12 Januari 2018.

Muliaman menilai sejauh ini pemerintah sudah cukup prerogratif dalam menentukan kebijakan pajak. Cara edukasi dan sosialisasi dilakukan dengan pendekatan baru untuk meluruskan statemen yang disalahartikan.

“Semua usaha harus ditempuh. Intensifikasi terutama bagi yang sudah ada. Rasio terhadap total warga yang wajib membayar pajak masih kecil. Esktensifikasi juga harus dilaksanakan,” ucap Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) itu.

Persoalan harga Indonesia Crude Price (ICP) yang terus melonjak dari US$59,34 perbarel menjadi US$60,9 perbarel, atau naik 2,6 persen, harus diteliti lebih lanjut.

“Tidak sesederhana itu menilai kenaikan ICP akan menguntungkan negara. Karena ada 2 sisi. Kita juga produsen (minyak). Kiri kanan saling melengkapi. Dihitung secara hati-hati dampaknya,” ujar Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu.

Muliaman Hadad menyarankan agar Bank Indonesia melakukan penelitian lebih lanjut terhadap sisi pengeluaran dan penerimaan dari kenaikan ICP. “Diteliti lebih lanjut. Dilihat secara dekat, karena dua aspek kena. Dampak net-nya seperti apa harus diteliti lagi,” tandasnya.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: