Mendag Enggar sebut impor jagung industri sudah berlangsung lama

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa izin impor jagung yang dikeluarkan pemerintah adalah jenis jagung untuk kebutuhan industri yang tidak ditanam di dalam negeri. Bukan impor jagung untuk pakan ternak dan konsumsi.

“Saya tidak akan mengeluarkan izin impor jagung yang diproduksi di dalam negeri,” kata Mendag Enggar saat ditemui di kantornya, Rabu (7/2).

Selain itu, impor jagung industri ini bukan yang pertama kalinya di Indonesia, melainkan sudah berlangsung lama dari tahun ke tahun. “Itu (impor jagung industri) dari tahun-tahun lalu, bertahun-tahun impor jagung untuk kebutuhan industri yang tidak ada diproduksi di Indonesia, itu tetap terjadi,” imbuhnya.

Enggar mengaku tidak mengetahui persis jenis jagung industri yang dimaksud. Namun, jagung tersebut masuk dalam kategori komoditas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) atau demi kepentingan industri dalam negeri untuk tujuan kegiatan ekspor.

“Jenis jagungnya beda. Seperti sekarang kentang, kentang granula dengan kentang itu (konsumsi) kan berbeda, (kode) HS (Harmonized System) beda.”

Seperti diketahui, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, mengatakan pemerintah telah mengeluarkan izin impor jagung industri. Menurutnya, impor bukan berarti pasokan dalam negeri menipis.

“Kan untuk kebutuhan industri beda. Jadi yang kita izinkan impor itu untuk kebutuhan industri. Bukan untuk pakan,” kata Oke saat dikonfirmasi di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (6/2).

Oke mengungkapkan, izin impor jagung industri yang dikeluarkan sebanyak 171.000 ton. Nantinya, konsumen jagung impor tersebut adalah perusahaan besar. Salah satunya Indofood. “Yang impor (konsumennya) industri kayak Miwon, Indofood ada lima perusahaan.”

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: