Ketua Asosiasi UMKM: Hapus Penarikan Pajak untuk Pelaku UMKM

Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) M Ikhsan Ingratubun meminta pemerintah mengkaji ulang mengenai kewajiban pajak bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ia menganggap pajak yang dikenakan tidak relevan dengan semangat untuk memajukan industri UMKM dalam negeri.

Hal ini disampaikan di tengah ramainya perbincangan penarikan pajak untuk industri kreatif, setelah penulis Tere Liye memutuskan menarik diri dari dunia perbukuan di penerbit dan toko buku lantaran ia menganggap ada ketidakadilan dalam penarikan pajak berjenjang kepada penulis.

Ikhsan menyebut, para pelaku usaha UMKM selama ini dilanda kesulitan dalam hal permodalan ketika merintis sebuah usaha. Sebagian besar pelaku usaha yang memulai usaha dengan pinjaman modal pun harus berjuang menyisihkan keuntungan usaha untuk membayar kredit pinjaman.

M Ikhsan Ingratubun, Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) (Warta Kota/Feryanto Hadi)

“Seharusnya UMKM tidak perlu kena pajak lagi walau 0,25 persen. Paling penting bagaimana pemerintah lakukan upaya pembinaan dan pendampingan supaya UMKM kita bisa memiliki daya saing. Itu dulu pekerjaan rumah yang harusnya diselesaikan,” kata Ikhsan kepada Warta Kota di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2017).

Ia mencontohkan, di negara Tiongkok, pemerintahnya justru memberikan subsidi kepada UMKM agar tumbuh sebagai Pilar Ekonomi di negaranya.

“Sedangkan di Indonesia, penyaluran kredit bagi pelaku UMKM saja menggunakan bank nasional yang cenderung memperhitungkan sisi bisnis dengan mematok bunga yang cukup tinggi,” katanya.

Selaku ketua asosiasi UMKM ia juga kecewa lantaran masih terjadi penyelewengan yang dilakukan sejumlah petugas pajak dengan membuat kesepakatan dengan perusahaan-perusahaan besar untuk mengamankan masalah perpajakan perusahaan itu.

“Masyarakat kecil pajaknya dikejar-kejar, tapi di atas masih ada petugas yang ‘menyelamatkan’ perusahaan besar atau ‘kongkalikong’ untuk memperkaya diri. Hal ini tentu sangat mencederai masyarakat,” tandasnya

Sumber : tribunnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: